STRESS, COBA MAIN GAME DEH…


Bermain game non-action bisa menjadi ‘pelarian’ terbaik saat seseorang berada dalam kondisi stres yang membuatnya sulit berpikir dan mengambil keputusan.

Hal itulah yang dibuktikan oleh tim peneliti dari Nanyang Technological University Singapura. Peneliti menemukan bahwa game pada ponsel yang lebih santai (non-action) dapat meningkatkan kemampuan berpikir seseorang.

Penelitian dilakukan secara acak dengan membagi partisipan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta memainkan game non-action sedangkan kelompok kedua diminta untuk bermain game action. Masing-masing wajib bermain selama 1 jam dalam 5 hari seperti dilansir Everyday Health dan duniafitnes.com.

Hasilnya, peneliti mengetahui bahwa kemampuan berpikir masing-masing partisipan didorong oleh jenis game pilihan para partisipan. Para gamers non-action dapat meningkatkan kemampuan untuk memilah gangguan dalam mengambil keputusan tanpa memiliki efek negatif, sedangkan pecinta game action memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi, namun sering mengabaikan hal-hal di sekitarnya yang dianggap mengganggu konsentrasi permainan.

Referensi:

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/04/01/mkiiaj-stres-coba-deh-main-game

Advertisements
By Charles Sadewa Posted in Public

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s