CARA JITU SUPAYA PC AMAN DARI VIRUS


computer-virusSaya punya pengalaman yang tidak menyenangkan dengan virus dan komputer saya. Siapa yang tidak kenal dengan virus, virus merupakan suatu program yang dirancang khusus oleh pembuatnya dengan tujuan yang berbeda beda dan memiliki karakteristik yang berbeda beda pula, dimana sang virus dapat mengembangkan atau menyebarkan dirinya ke dalam suatu file baik itu file system maupun bukan, dimana hal itu bisa mengakibatkan proses laju system menjadi terhambat, terasa lambat dan kadang menjadi hang. banyak orang yang resah karena komputernya dirusak oleh virus. Walaupun sudah menggunakan antivirus yang handalpun kadang virus juga masih bisa menyusup kekomputer. Akhirnya saya menemukan cara yang terbukti ampuh untuk menangkal virus-virus di komputer saya. Berikut adalah cara sederhana membuat komputer aman dari virus.

Jika komputer anda sudah terkena virus maka sebaiknya install ulang OS-nya, tapi sebelumnya, backup dulu semua file yang menurut anda penting. Pada saat install ulang buatlah partisi harddisk menjadi 2 partisi atau lebih tergantung anda yang penting tidak 1 partisi. Setelah selesai install ulang maka lakukan langkah – langkah dibawah ini:

  • Instal software deepfreez ( yang berfungsi untuk mengunci harddisk, partisi yang dikunci cukup hanya drive untuk system saja sedangkan drive yang lain biarkan terbuka ), dan jika sudah aktifkan deepfreez dengan cara menekan tombol Shift + klik 2x icon deepfreez, lalu aktifkan pilihan BOOT FROZEN, setelah itu klik OK dan kembali restart ulang komputer anda. Deepfreez jika tidak aktif akan terlihat ditandai dengan tanda silang pada iconnya, sedangkan jika aktif maka tidak ada tanda silang pada iconnya.
  • Kemudian install antivirus, disini usahakan mengistall antivirus yang mampu mendeteksi program AUTORUN ( software yang berjalan sendiri saat terhubung dengan komputer) contohnya antivirus Indonesia Smadav. Untuk menjaga keamanan berganda install juga antivirus import untuk melindungi virus internasional, contohnya: bitdefender, kaspersky, nod32, avira, dll.
  • Setelah semua perintah diatas sudah dijalankan maka baru install program aplikasi lainnya.
  • Ingat ! Non aktifkan dulu program deepfreez pada saat ingin menginstall program, jika program deepfreez masih aktif maka setiap program yang sudah kita install akan hilang ketika diestart. Dan usahan menyimpan data pada drive yang tidak terkunci oleh program deepfreez.
  • Terus bagaimana untuk menjaga keamanan komputer kalau program deepfreez dimatikan? Mungkin pertanyaan itu akan sering keluar, tapi tenang. Begini, anda hanya perlu meng-aktifkan program deepfreez pada saat hanya ingin terhubung ke internet. Tetapi saat tidak terhubung ke internet, maka non-aktifkan program deepfreez. Karena biasanya virus yang berbahaya itu adalah saat komputer sedang terhubung ke internet, sedangkan saat komputer tidak sedang terhubung keinternet komputer akan dilindungi oleh antivirus yang sudah saya pasang tadi.

Cara diatas sudah saya buktikan sendiri, dan komputer serta laptop saya terbukti bersih dan bebas virus selama 5 tahun ini. Kalaupun ada, itu hanya virus-virus kecil dari flash disk yang bisa dibersihkan oleh program anti virus. Walaupun caranya agak sedikit ribet, tapi itu sebanding dengan hasilnya nanti. Jadi dari pada harus install ulang OS terus setiap komputer kena virus yang menghabiskan banyak waktu, lebih baik melakukan cara diatas yang hanya butuh beberapa menit saja. SELAMAT MENCOBA, DAN SEMOGA BERMANFAAT…

Advertisements

2 comments on “CARA JITU SUPAYA PC AMAN DARI VIRUS

    • Sip, untuk poin 1 memang digunakan untuk perlindungan paling efektif, tapi memang sedikit ribet. Tapi walaupun poin 2 dan 3 yang hanya diterapin juga sudah cukup buat perlindungan.

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s