MANFAAT CABAI BAGI TUBUH DAN KECERDASAN


Cabai? Mungkin hal yang terpikir pertama kali saat mendengar namanya adalah rasanya yang pedas. Ya benar, cabe memang memilki zat capsaicin yang menyebabkan rasa cabai menjadi pedas dan panas dilidah ketika dikomsumsi. Namun jangan salah, dibalik rasanya yang pedas, cabai memiliki banyak khasiat dan kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya:

 1. Penyembuhan.

Cabai dapat mempercepet pengeringan luka dan pendarahan karena zat capsaicin pada cabai bisa menghilangkan rasa sakit, selain itu kandungan vitamin C pada cabai sangat bermanfaat untuk penyembuhan sariawan pada bibir

2. Pencegah stroke.

Cabai dapat memperkecil resiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Zat capsaicin pada cabai membuat darah tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga darah akan mengalir dengan lancar dan mengurangi terjadinya penggumpalan darah.

3. Meningkatan nafsu makan.

Capsicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagian, sehingga nafsu makan menjadi bertambah.

4. Mencerdaskan Otak.

Cabai dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, karena cabai memiliki zat betakaroten yang sangan bermanfaat bagi kecerdasan otak anak.

Walaupun manfaat cabai sangat banyak, tetapi tidak dianjurkan untuk mengkomsumsi cabai sacara berlebihan. Karena bila berlebihan, maka akan mengganggu lambung dan menyebabkan sakit maag pada lambung. Selain itu, dapat beresiko terkana penyakit usus buntu karena biji pada cabai tidak bisa dicerna oleh usus secara sempurna. Konsumsinya cabai secukupnya saja.

Advertisements
By Charles Sadewa Posted in Public

2 comments on “MANFAAT CABAI BAGI TUBUH DAN KECERDASAN

  1. Terimakasih atas informasinya yang sangat menarik dan bermanfaat…
    Waah ternyata cabai mempunyai beragam manfaat yang baik bagi tubuh kita yaa…
    Dari beberapa artikel yang saya baca dengan mengkonsumsi cabai, dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin c harian, karena kansungan vitamin c nya yang cukup tinggi, seperti yang sudah dijelaskan diatas vitamin c yang terkandung dalam cabai juga bisa mambantu mengatasi sariawan 🙂

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s