CARA BERKENDARA DISAAT BANJIR


Musim hujan kini telah tiba dan membuat sebagian jalan yang memiliki drainase kurang baik sering terjadi genangan dan membuat banjir. Namun karena beberapa kepentingan dan keharusan maka ada banyak pengendara yang nekat menerjang banjir agar bisa sampai ditempat tujuan tepat waktu walaupun dengan resiko kendaraan mereka mogok karena kemasukan air. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa tips cara melewati genangan banjir agar terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan seperti kendaraan yang mogok.

  1. Atur kecepatan kendaraan.

Saat menerjang banjir hal yang perlu diperhatikan adalah kecepatan dari kendaraan. Atur kecepatan kendaraan agar tetap konstan, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat. Mengatur kecepatan kendaraan akan sedikit mengurangi potensi mesin mati secara mendadak. Jangan memainkan gas dengan kecepatan naik turun, atau mempercepat dan memperlambat kendaraan secara mendadak, usahakan agar kecepatan tetap konstan.

  1. Mengamati ketinggian air.

Sebelum nekat menerjang genangan banjir, amati dulu ketinggian genangan air. Jika seandainya yakin genangan tidak terlalu tinggi dan tidak sampai merendam kendaraan, maka tidak apa-apa untuk melewatinya. Tetapi kalau seandainya kurang yakin, dan kemungkinan air akan merendam kendaraan anda, maka sebaiknya langkah menerjang banjir diurungkan. Supaya lebih yakin, maka lakukan pengecekan ketinggian air dengan cara berjalan kaki.

  1. Jangan membuat gelombang.

Berkendaralah dengan kecepatan sedang/sedikit lambat, artinya jangan terlalu lambat juga ataupun terlalu cepat. Usahakan berkendara menerjang banjir dengan tidak membuat gelombang, atau seminim mungkin membuat gelombang.

  1. Jaga jarak aman berkendara.

Jaga jarak aman kendaraan, jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang berada didepan. Hal ini untuk menghindari ketika tiba-tiba kendaraan didepan mati secara mendadak, sehingga memberi kesempatan untuk mengambil tindakan seperti mengambil jalur lain atau hanya sekedar menghindarinya.

Advertisements
By Charles Sadewa Posted in Public

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s