TELADAN “MENCARI KESEMPURNAAN”


Suatu ketika ada seorang santri bertanya kepada gurunya:

Santri : Bagamana caranya agar kita mendapatkan sesuatu yg paling sempurna dalam hidup ini?
Kemudian sang guru menjawab : Berjalanlah lurus kamu di taman bunga, kemudian petiklah satu bunga yang menurut kamu paling indah dan jangan pernah kembali kebelakang lagi.

Kemudian sang santri mengikuti saran dari gurunya dan dia pergi ketaman bunga. Namun setelah berjalan dan sampai di ujung taman, si santri kembali dengan tangan hampa.

Lalu guru bertanya: Mengapa kamu tidak mendapatkan bunga 1 pun?
Sang santri menjawab : Sebenarnya tadi saya sudah menemukannya, tapi saya tidak memetiknya karena saya pikir mungkin yang di depan pasti ada yang lebih indah. Namun ketika saya sudah sampai di ujung, saya baru sadar bahwa yang saya lihat tadi adalah bunga yang terindah, dan saya pun tak bisa kembali kebelakang lagi.

Dengan tersenyum guru itu berkata:
Ya, itulah hidup, semakin kita mencari kesempurnaan, semakin pula kita tak akan pernah mendapatkannya, karena sejatinya kesempurnaan yang hakiki tidak pernah ada, yang ada hanyalah keikhlasan hati kita untuk menerima kekurangan. Terimalah sesuatu kekurangan itu, maka itu akan sempurna bagimu…

By Charles Sadewa Posted in Public

Berikan Komentar Anda

