PEMIMPIN DALAM SEBUAH ORGANISASI


Seorang pemimpin tidak dapat dipisahkan dengan yang dinamakan organisasi. Organisasi itu sendiri dapat dikategorikan sebuah perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang yang mau untuk dipimpin untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Sebuah organisasi dapat berjalan bila memiliki seorang pemimpin. Dengan adanya seorang pemimpin dalam sebuah organiasasi maka organisasi itu memiliki tujuan yang jelas dan sesuatu yang hendak dicapai.  Seorang Pemimpin merupakan Figur sentral  yang dipandang , di hargai dan dihormati.

Brown (1936) berpendapat bahwa pemimpin tidak dapat dipisahkan dari kelompok, akan tetapi boleh dipandang sebagai suatu posisi dengan potensi tinggi di lapangan. Pemimpin harus memiliki program atau tujuan-tujuan yang jelas dan terarah.  Bila seorang pemimpin tidak memiliki tujuan atau program yang jelas , maka organiasi yang di pimpinnya lambat laun pasti akan hancur dan tidak akan berkembang. Karena itu berhasilnya sebuah organisasi atau perusahaan memang benar tergantung penuh pada pemimpin  yang memimpin akan organisasi itu. Bila si pemimpin mempunyai kepentingan sendiri dan cita-cita sendiri maka jadilah organisasi yang dipimpinnya akan berjalan kearah sesuai yang di cita-citakan oleh pemimpin itu. Tetapi bila si pemimpin memiliki tujuan dan cita-cita yang di tujukan hanya untuk kepentingan bersama, maka organisasi itu akan maju ke arah kebersamaan yang mementingkan akan kepentingan bersama-sama bukan berdasarkan atas kepentingan pribadi.

Kepemimpinan dalam sebuah organisasi bukan hanya harus memiliki sebagai seorang pemimpin yang dapat memimpin akan orang lain saja atau memiliki suatu  ketegasan  yang diperlukan dalam memimpin sebuah organisasi, tetapi juga memerlukan suatu kemampuan manajerial dalam memimpin akan anak buahnya.  Dengan kemampuan manajerial yang dimilikinya maka seorang pemimpin dapat mengarahkan akan anak buah/anggota timnya sesuai fungsi dan tanggung jawab masing – masing personal sehingga teratur barisannya.  Selain itu juga hal mendasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam sebuah organisasi selain memiliki kemampuan manajerialnya, dia juga adalah seorang yang cakap dalam berkomunikasi.  Dapat mengemukankan ide-ide yang ada di dalam pemikirannya dengan baik kepada anakbuah/anggota tim nya sehingga anak buah atau anggota timnya dapat mengerti akan apa yang dimaksud oleh pemimpinnya dan dengan demikian dapat menyatukan akan semua pemikiran kepada satu tujuan yang sama yaitu untuk memajukan akan kepentingan organisasi.

Contohnya saja bila suatu organisasi olahraga pastilah bergerak di bidang olahraga , tetapi bila kepemimpinan yang ada memiliki kepentingan pribadi seperti kepentingan politik atau apapun juga maka yang akan terlaksana adalah kepentingan pribadinya itu yaitu kepentingan politik, maka se yogyanya organisasi olahraga yang seharusnya memiliki kepentingan memajukan olahraga , maka akan berubah menjadi kepentingan politik yang pasti akan merugikan akan anggota atau anak buah yang terlibat di dalam organisasi olahraga tersebut.

Kesimpulan yang dapat kita katakan adalah  bahwa keberhasilan dalam sebuah organisasi tidak hanya di tentukan oleh  seberapa bagusnya pendidikan atau pengalaman seorang pemimpin dalam memimpin akan organisasiitu, tetapi dari seberapa cakapnya kemampuan memanajerial  dan juga sikap yang mau terbuka untuk perkembangan jaman yang ada dan dapat mengkomunikasikan semua nya itu dengan baik kepada anggota tim/ anak buahnya. Bila itu semua terlaksana denganbaik maka pastilah dia akan menjadi pemimpin yang di senangi dan kepemimpinan dalam organisasinya dapat dikatakan berhasil.

Referensi: http://vibizmanagement.com

Advertisements
By Charles Sadewa Posted in Public

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s