BELAJAR DARI KEPRIBADIAN SEMUT


Semut adalah hewan yang kecil dan masuk dalam kelompok serangga. Walaupun semut merupakan hewan yang kecil namun semut memiliki kepribadian yang sangat besar. Dan mungkin kita sebagai manusia selayaknya belajar dari kepribadian semut ini. Lantas apa saja yang musti kita pelajari dari sifat dan kepribadian semut ini?

1.      Semut Memiliki Sifat Tidak Pernah Putus Asa.

Semut merupakan hewan yang tidak pernah putus asa. Sebagai contoh, coba bentangkan tangan untuk menutup jalan yang akan dilalui semut. Apakah semut akan berhenti berjalan? Tentu saja tidak, semut pasti akan mencari jalan lain untuk bisa melewati tangan kita. Walaupun kita kembali menutup jalannya, pasti semut akan kembali mencari jalan lain lagi. Bahkan mungkin, kita sendiri yang akan capek menutup jalan semut dan akhirnya kita sendiri yang akan menyerah.

2.      Semut memiliki Sifat yang Rajin

Pernahkah kita melihat semut itu bermalas-malasan? Ada tapi mungkin itu sangat jarang sekali. Pasti yang sering kita lihat adalah semut selalu aktif dalam mencari makanan. Dan yang perlu kita contoh, semut tidak pernah bosan melakukan itu setiap hari. Bagaimana dengan kita setiap harinya?

3.      Semut itu Kuat

Taukah anda, semut adalah termasuk hewan yang sangat kuat. Mengapa? Karena semut mampu mengangkat beban yang jauh lebih besar dari tubuhnya. Yang perlu kita cermati, walaupun semut mampu mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya tapi semut tidak pernah berhenti berjalan dan beristirahat. Bisakah kita seperti itu?

4.      Semut Memiliki Sifat Sosial yang Tinggi

Apakah yang dilakukan semut ketika makanan yang akan dibawa terlalu berat? Ya benar sekali, semut akan saling bergotong-royong untuk membawa makanan tersebut bersama-sama kesarang mereka. Dan disaat membawa makanan itu koordinasi antar semut sangat kompak sehingga perlu kita akui kalau semut merupakan teamwork terbaik.

5.      Semut Memiliki Sifat Cepat Melihat Peluang

Coba kita menaruh gula atau makanan yang manis didalam meja. Setelah itu, sekitar 15 sampai 20 menit coba lihat apa yang terjadi dengan gula dan makanan tadi. Tentu gula dan makanan tadi sudah dirubungi semut, karena semut selalu melihat sebuah peluang. Semut juga tidak akan menyia-nyiakan kesempatan seakan-akan semut tahu bahwa peluang hanya datang sekali dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Kita belajar bisa dari mana saja, seperti dari semut ini. Walaupun dia hewan yang kecil namun dia punya kepribadian dan prinsip hidup yang tinggi. Semut saja bisa melakukannya, Masak kita tidak bisa???

Advertisements
By Charles Sadewa Posted in Public

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s