FILOSOFI LAYANG-LAYANG


Mungkin kita pernah bermain layang-layang diwaktu kecil atau bahkan sampai sekarang ada yang masih suka bermain layang-layang. Kebanyakan orang disaat menerbangkan layang-layang ya hanya sekedar menerbangkannya. Disaat layangan sudah terbang, ya sudah selesai. Tapi siapa sangka dibalik permainan layang-layang yang sangat sederhana ini mengandung arti yang sangat luas. Lantas nilai-nilai apa saja yang terkandung didalam layang-layang itu? Berikut filosofi pada layang-layang.

  • Layang-Layang Itu Sendiri

Layang-layang yang ingin diterbangkan harus memiliki keseimbangan, jika layangan tidak seimbang maka layangan tentu tidak akan bisa diterbangkan. Begitupun juga dengan manusia, didalam hidup manusia juga harus seimbang antara kehidupan didunia dan kehidupan dikemudian nanti. Jika keduanya seimbang, tentu manusia akan selamat dikehidupan nanti.

  • Ekor Layangan

Ekor layangan memiliki filosofi bagaimana posisi manusia dihadapan Tuhannya. Jika kita lihat disaat layang-layang kita terbangkan, maka ekor layangan yang dekat dengan layangan pasti akan diam atau sedikit bergerak sedangkan yang jauh dengan layangan akan terus bergerak. Begitu juga dengan manusia dan Tuhannya. Jika manusia dekat dengan Tuhannya tentu dia tidak akan tersesat, sebaliknya jika manusia jauh dari Tuhannya, tentu dia akan mudah tersesat.

  • Tarik Ulur Menerbangkan Layangan

Disaat kita ingin menerbangkan layangan tentu kita harus menarik ulur layangan tersebut supaya bisa terbang tinggi. Untuk membuatnya tinggi tentu kita harus mengulurnya, sedangkan untuk menstabilkan layangan tentu kita harus menariknya. ULUR berarti jika kita ingin maju, tentu kita harus menggantungkan harapan kita setinggi mungkin dan TARIK berarti kita harus bisa menggapai harapan itu dengan cara kita dan berusaha mewujudkannya.

Tanpa kita sadari permainan layang-layang telah memberi pelajaran kepada kita. Jadi permainan layang-layang bukan lagi hanya sekeder permainan belaka melainkan sebuah pelajaran kehidupan bagi kita semua.

Advertisements
By Charles Sadewa Posted in Public

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s