TUGAS 1. Teori Organisasi Umum 1


  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi?
  2. Mengapa organisasi dikatakan sebagai wadah dan proses?
  3. Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing – masing dan berikan contohnya?
  4. Ceritakan pengalaman pribadi kalian baik organisasi formal maupun informal?

Jawaban:

  1. Organisasi merupakan sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama yang telah ditetapkan.
  2. Organisasi dikatakan sebagai wadah karena organisasi adalah tempat berkumpul untuk membicarakan dan bekerjasama dalam satu tujuan. Sedangkan organisasi dikatakan sebagai proses karena ide-ide dan saran dari anggota organisasi tidak hanya sebagai catatan saja, melainkan akan diproses dan diaplikasikan menjadi suatu yang lebih baik.
  3. Organisasi formal adalah suatu organisasi yang memiliki struktur yang jelas, pembagian tugas yang jelas, serta tujuan yang ditetapkan secara jelas. Contoh: organisasi pada perusahaan besar, organisasi badan pemerintah, organisasi sekolah, dll. Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh: acara reunion, pengajian di masjid, sekumpulan penonton yang menonton sepakbola, dll
  4. Pengalaman organisasi formal banyak saya dapatkan di waktu saya sekolah dan kerja. Didalam perusahaan saya menjabat sebagai staff administrasi finance. Banyak yang saya dapatkan dari situ, karena dengan kedudukan saya saat itu, saya bisa mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan dan melihat apakah pendapatan perusahaan telah mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan. Sedangkan untuk pengalaman organisasi informal saya sering ngumpul bareng dengan teman-teman, mengikuti acara-acara rutin, mengikuti pengajian, dll. Organisasi informal ini saya gunakan lebih untuk tempat bertukar pikiran dengan yang lain.
By Charles Sadewa Posted in Public

Berikan Komentar Anda

